Rian D’Masiv Jadikan Pemain Biola Cilik yang Viral sebagai Anak Angkat

Masih ingat dengan musisi cilik bernama Jawa Nur Alam yang membuat kagum Addie MS dengan permainan biolanya? Sekalipun sedang menggendong adiknya di punggung, bocah ini begitu menghayati permainan biolanya dan dinikmati oleh warga sekitar.

Bukan di gedung megah, Lantunan nada Hungarian Dance No. 5 – Johannes Brahms mengalun menyayat hati di daerah pelosok penuh keterbatasan.

Video tersebut rupanya mulai viral tiga tahun lalu ketika Jawa masih berusia 9 tahun. Sejak video itu viral, banyak tawaran bantuan yang datang dari dalam dan luar negeri untuk Jawa.

Bahkan, ada yang menawarkan beasiswa untuk Jawa agar belajar ke Jerman. Namun, tiga tahun berlalu, nasib Jawa tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Sehari-harinya, dia membantu orangtuanya berjualan rujak cingur. Meski begitu, Jawa tidak menyerah dengan nasib dan terus mengasah kemampuan bermain biolanya.

Baru-baru ini, Rian D’Masiv berkunjung ke rumah Jawa yang berada di Kalijudan, Surabaya, Jawa Timur. Rian terharu dengan semangat pantang menyerah Jawa Nur Alam, sehingga bela-belain mengunjungi Jawa di rumahnya.

“Selain hidup sangat miskin, Jawa ternyata juga berprestasi di dunia pendidikan karena bisa bersekolah melalui jalur prestasi,” kata Rian melalui keterangan tertulis, Kamis (15/10/2020).

“Ia juga memiliki talenta bermain biola yang sangat apik. Itu sebabnya, saya pribadi tergerak ingin membantu dia melalui Yayasan Jangan Menyerah Indonesia. Jawa ini salah satu sosok anak negeri berbakat yang harus diperhatikan dan dibantu lebih serius lagi,” sambung vokalis bernama lengkap Rian Ekky Pradipta ini.

Saat bertemu dengan Rian, Jawa tak bisa menahan rasa harunya. Dia menangis sesenggukan di hadapan Rian, sosok yang dia idola-idolakan selama ini.

“Jawa ini biasa belajar dan mendengar lagu klasik, Mas Rian. Tapi enggak tahu kenapa, dia suka sekali dengan lagu Mas Rian,” kata Sugeng, ayah Jawa.

Jawa sendiri nyaris berhasil bermain musik klasik di Eropa. Sayangnya, terganjal urusan administrasi dan juga biaya. Oleh karena itu, Rian berjanji akan mendukung penuh Jawa untuk mewujudkan impiannya.

Rian tak hanya membantu membiayai sekolah Jawa, tapi juga akan berusaha menjadikan Jawa seorang musisi internasional. Rian bahkan menjadikan Jawa sebagai anak angkatnya.

“Saya juga dulu berangkat dari nol, dari minus bahkan. Tapi saya juga tak pernah menyerah, dan lihat saya sudah sampai di posisi ini. Saya pun ingin Jawa juga untuk jangan menyerah. Kamu bahkan bisa lebih sukses dibanding saya kelak,” sambung Rian.

Sumber: Indozone